Senin, 01 Juni 2015

Kontroversi Hari Kelahiran Pancasila

Sebelum kita lanjut, baca dulu yok definisi pancasila berikut ini..

Pancasila/Pan·ca·si·la/ n dasar negara serta falsafah bangsa dan negara Republik Indonesia yg terdiri atas lima sila
Rumusan Pancasila versi populer
Nah, definisi Pancasila dari KBBI tersebut sudah jelas dong bahwa pancasila adalah dasar negara, falsafah bangsa dan negara RI dan terdiri dari 5 sila. Pertanyaannya, apakah kalian masih hafal apa saja kelima sila itu? memahami? mengamalkan? Eaa..jawab saja di hati masing-masing. kalau hafal,memahami dan mengamalkan, alhamdulillah. kalau nggak..kamu bangsa mana?? hahaha


Oke deh, yang tadi jadi instropeksi diri masing-masing aja. begitu juga saya. Pancasila memang tidak dapat dipisahkan dengan identitas bangsa ini. dasar yang luhur dan memiliki sejarah yang panjang, dimana tanggal kelahirannya masih menjadi kontroversi beberapa pihak antara 1 Juni 1945 atau tanggal 18 Agustus 1945.

Pancasila dalam aksara jawa
Gagasan pembentukan dasar negara memang telah disampaikan sejak sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1 Juni 1945. Setelah beberapa usulan dari tokoh-tokoh dalam sidang tersebut seperti Muh. Yamin dan Ir. Soekarno. Dalam sidang ini Soekarnolah yang pertama kali mengusulkan adanya falsafah negara yang bernama "Pancasila" dalam pidatonya. Sehingga ada yang mengatakan bahwa Pancasila lahir pada tanggal tersebut.

Sedangkan pihak lain mengatakan bahwa Pancasila lahir tanggal 18 Agustus 1945, karena memang tanggal tersebut adalah penetapan permanen pancasila sebagai dasar negara. Penetapan ini mengiringi penetapan UUD 1945 kembali menggantikan UUD sementara oleh PPKI. 

Sebaiknya ya tidak perlu dipermasalahkan apakah lahirnya pancasila adalah tanggal 1 Juni ataupun 18 Agustus. yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat mengamalkannya dengan baik sesuai pesan para pendiri negara kita. tul nggak?