Selasa, 14 April 2015

PARIWISATA KOTA SEMARANG BARENG SEMARJAWI

Kalau kamu berkunjung ke ibukota jawa tengah, yaitu Semarang, nggak lengkap rasanya kalau nggak ngrasain city tour bareng mbah-mbah kece yang satu ini. Nama beliau adalah mbah Semar, nama lengkapnya Semarjawi. Yak, tapi ya jangan dibayangin kamu bakal keliling kota dengan semangat tapi yang jadi guide nya mbah-mbah yang udah renta tak berdaya ya, wkwk

Mbah Semarjawi adalah nama bus merah menyala yang akan mengajak kamu menikmati arsitektur unik, nyentrik nan menarik  di area Kota Lama Semarang sekaligus sejarah singkatnya. Melakukan perjalanan kurang lebih satu jam di area ini seperti menghanyutkan kamu mengikuti lorong waktu Kota Semarang tempo doeloe. Sejak jaman Semarang masih dalam kawasan Kerajaan Mataram, pendudukan VOC, hingga penjajahan Jepang. Kamu akan merasakan pula hiruk pikuk kesibukan masyarakat Semarang waktu itu dengan ditemani angin laut yang semilir dan senyum ramah warga sekitar.

Bustram ini di release tahun lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 2014, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda dan diresmikan oleh Bapak Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Nomor plat yang dipilih juga menunjukkan usia Kota Semarang tahun 2014 yakni H 467 A, biar cantik, hehe. Nama Mbah Semar juga ada kepanjangannya loh, SEMARang JAlan-jalan WIsata. aku tadi bilang bustram kan yak, kenapa dibilang gitu?

Nah, bus ini punya desain yang unik menyerupai sebuah tram di Eropa. Tram adalah sejenis transportasi publik yang menggunakan tenaga listrik. sering disebut juga electric street railways, tramcar, trolley car, atau kalo di Indonesia commuter line. desain classicnya nambah suasana jaman 40-an.

Tram
another tram in Turkey

double deck tram

bustram semarjawi di depan taman srigunting
Perbedaanny hanya Semarjawi ini bentuknya bus, bukan kereta. Selain itu modelnya double deck bustram yang memiliki panjang 7,2 m; lebar 1,3 m; dan tinggi 3,7m. Sangat cocok untuk tujuan pariwisata karena tidak terlalu besar, namun bustram Semarjawi bisa membawa penumpang hingga 40 orang sekali berkeliling.

Trus, kalau mau beli tiketnya bagaimana? ikuti step-step nya di gambar berikut ini:
webnya disini bayarnya di RETRO CAFE, klo udah, nunggunya di taman srigunting

Cara pesan tiket bustram Semarjawi

Eh, mulai hari ini ada Update Jadwal City Tour Semarjawi loh.. cekidot
dari twitternya
Jadwal terbaru mulai 14 April 2015

ini pengalaman berharga tersendiri buat aku karena dapat kenal lebih dalam tentang kota tercintaku ini. jadi makin penasaran sama sejarah tiap bangunan dan monumen di Semarang. Makin nambah ilmu dan pengetahuan serta kebanggaan jadi warga Semarang. matur nuwun Pak Wali.

Semoga bermanfaat ya guys
Best Regard,
me

1 komentar: